Selasa, 23 Februari 2010

Hal-hal yang terjadi pada mesin

1. Akibat Kompresi Mesin Lemah

*

Mesin sukar hidup / tidak dapat hidup sama sekali
*

Mesin dapat hidup tapi tidak ada tenaganya
*

Pemakaian bahan baker menjadi boros
*

Timbul suara menggelitik pada bagian blok silinder (detonasi)

2. Mesin mendadak mati ketika dikendarai dijalan

*

Businya mati atau businya kotor
*

Platina tidak bekerja dengan sempurna atau sama sekali tidak bekerja akibat dari baut platina longgar
*

Kabel pengapian lepas/longgar
*

Bensin tidak turun pada karburator
*

Jet utama dan jet langsam pada karburator tersumbat
*

Torak macet didalam lubang silinder akibat overheating





3. Pemakaian bahan bakar boros

*

Tersumbatnya saringan udara dibagian belakang karburator
*

Banyaknya karbon pada ruang bakar. Karbon ini terbentuk akibat terbakarnya oli pelumasyang mengeras berupa arang yang menempel pada puncak torak dari ruang bakar
*

Sistem pemakaian yang kurang tepat
*

Kompresinya rendah
*

Kerusakan yang terjadi yaitu torak. Cincin torak dan lubang silinder

4. Akselerasi mesein kurang sempurna

*

Saluran-saluran atau lobang-lubang didalam karburatornya kotor
*

Businya tidak menyala secara konstan yang disebabkan kotor. (kerenggangan busi terlalu rapat)
*

Gas sisa pembakaran tidak dapat keluar secara lancar dari knalpot
*

Saringan udara yang tersumbat akan mempengaruhi komposisi bensin dan udara sehingga campuraterlallu kaya
*

Waktu pegapian yang kurang tepat, terlau cepat menyala atau terlalu lambat menyala

5. Mesin tenaganya hilang

*

Bos katup terlalu sempit lubangnya, sehingga katup menjadi tidak lancar untuk bekerja
*

Pegas katupnya lemah atau patah, perbaikannya harus ganti yang baru
*

Waktu pembukaan dan penutupan katup tidak tepat. Hal ini berarti poros hubungan (noken as) harus di stel kembali pada posisi top
*

Terjadi kebocoran kompresi akibat rusaknya paking kepala silinder
*

Torak, cicncin torak, dan lubang silindernya usang
*

Tempat kedudukan businya rusak, hal ini berarti harus dibuat alur dudukan busi yang baru

6. Keluar asap putih dari knalpot

*

Torak, cincin torak dan lubang silinder aus/rusak
*

Terlalu banyak mengisi oli pelumas
*

Tekanan pompa oli terlalu tinggi
*

Penggunaan mutu oli yang kurang baik

7. Mesin hidupnya tersendat-sendat setelah dipanaskan

*

Busi yang kadang kala mengeluarkan api kadangkala tidak
*

Koil pengapiannya rusak
*

Penyetelan plampung kurang tepat



0 komentar:

Posting Komentar